Jalur Mandiri Reguler UINSA

Deskripsi Singkat

: 19 Apr 2025
: 5 Jul 2025
: S1
: Rp.300.000,00

SantriHub.id - Jalur Mandiri Reguler UINSA merupakan salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru program Sarjana (S1) di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Jalur ini ditujukan bagi lulusan SMA, MA, SMK, lulusan pesantren setara SLTA, serta lulusan Paket C yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi melalui sistem seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (CBT).

SYARAT PENDAFTAR

  1. Tidak berstatus sebagai peserta LULUS SELEKSI Jalur SNBP 2025 di PTN/PTKIN/
    Politeknik Negeri manapun;
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau lulusan Pondok Pesantren (KMI, TMI, MMI) yang
    telah disetarakan setingkat MA/SLTA yang dibuktikan dengan SK Penyetaraan dari
    Dirjen Pendidikan Islam, dengan tahun lulus 2025, 2024, 2023, atau 2022. Lulusan
    paket C (dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus dan fotocopy rapor tiga tahun
    terakhir) dengan tahun lulus 2025, 2024, 2023, atau 2022;
  3. Tidak Buta Warna (khusus untuk pemilih Program Studi Arsitektur atau Program Studi
    Biologi) dibuktikan dengan surat keterangan dokter;
  4. Membayar biaya pendaftaran peserta SPMB Mandiri Reguler di Bank BTN se
    Indonesia sebesar Rp. 300.000,- (Tiga ratus ribu rupiah);
  5. Mengikuti Ujian Tulis Berbasis Computer (CBT), sesuai jadwal yang tercantum pada
    Kartu Ujian. Cetak Kartu Ujian sesuai jadwal.

TATA CARA DAN TAHAPAN PENDAFTARAN MANDIRI REGULER

  1. Membuat akun peserta, dengan cara kunjungi laman https://pmb.uinsa.ac.id klik
    DAFTAR SEKARANG pilih MANDIRI REGULER kemudian klik LANJUT;
    Mengisi Biodata Awal untuk memilih Program Studi (Prodi) serta untuk mendapatkan ID Pendaftar. Pastikan bukti pendaftaran disimpan dengan cara klik CETAK BUKTI
    DAFTAR atau KIRIM BUKTI DAFTAR VIA EMAIL aktif;
  2. Membuat kode bayar yang akan dipakai untuk tujuan pembayaran formulir. Kunjungi laman https://tarisa.uinsa.ac.id untuk membuat Kode Bayar atau Virtual Account (VA). Pilih menu “Pembelian Formulir”, masukkan ID Pendaftar dan klik “Cari”. Pastikan data yang muncul adalah identitas pendaftar. Masukkan nomor whatsapp pada kolom yang tersedia, aktifkan Bank Tujuan (BTN) dan klik “BUAT TAGIHAN”. Jika berhasil maka akan muncul Kode Bayar atau VA dari Bank BTN (Panduan Pembuatan VA).
  3. Melakukan pembayaran formulir pendaftaran yang ditujukan ke Bank BTN melalui
    fasilitas pembayaran (Mesin ATM, Mobile Banking, Internet Banking, atau langsung
    ke teller Bank BTN). Pembayaran dapat juga dilakukan melalui transfer dari Bank lain
    dengan menggunakan Mesin ATM, Mobile Banking, Internet Banking, atau teller
    dengan tujuan Bank BTN. Jika transfer dari bank lain, pilih mode TRANSFER
    ONLINE (RealTime). Kami menyarankan tidak melakukan transaksi di atas jam
    22.00 - 02.00 WIB dan tidak menggunakan metode pembayaran dari agen, pay
    later, atau e-wallet. Simpan Bukti Transaksi yang telah dilakukan dan selalu ikuti
    petunjuk (Panduan Cara Bayar);
  4. Setelah pembayaran sukses, akun pendaftaran menjadi aktif, silakan login kembali
    ke https://pmb.uinsa.ac.id/login untuk menyelesaikan pendaftaran dengan
    menggunakan ID dan PIN yang telah dibuat sebelumnya;
  5. Unggah foto formal berwarna terbaru dengan latar belakang warna merah atau biru, dan lanjut lengkapi biodata serta diakhiri dengan klik SIMPAN;
  6. Lanjut ke menu BERKAS ADMINISTRASI
    Unggah/upload dokumen:
    a. Hasil Scan ijazah halaman depan dan belakang atau Surat Keterangan
    Lulus (SKL) bagi Lulusan 2025 yang ijazahnya belum terbit;
    b. Surat Pernyataan Bukan Siswa Lulus SNBP;
    c. Surat Pernyataan Mampu Baca/Tulis Alqur’an;
    d. Surat Pernyataan Kebenaran Data/Dokumen yang diunggah;
    e. Surat Pernyataan Kesanggupan membayar UKT;
    f. Surat Keterangan Tidak Buta Warna (Khusus pendaftar Prodi Arsitektur atau
    Prodi Biologi).
  7. Lakukan finalisasi pendaftaran setelah memastikan semua isian dengan benar;
    (ketika sudah difinalisasi, tidak dapat dilakukan perubahan)
  8. Informasi Jadwal dan Ruang Ujian tertera pada KARTU PESERTA dan tidak dapat
    dilakukan perubahan. Cetak Kartu sesuai jadwal;
  9. Hadir di Kampus UINSA untuk mengikuti Ujian sesuai jadwal yang tertera pada Kartu Ujian.

JADWAL
Pembelian Formulir di Bank : 9 April – 5 Juli 2025
Pendaftaran Online : 9 April – 6 Juli 2025
Cetak Kartu Peserta mulai tanggal : 23 Juni 2025
Ujian Tulis Berbasis Komputer : 15 – 21 Juli 2025
Pengumuman Kelulusan : 30 Juli 2025 (pmb.uinsa.ac.id/pengumuman)

Jalur Masuk Lainnya

Logo UINSA
Jalur Ujian
19 Apr 2025
5 Jul 2025

Jalur Mandiri Reguler UINSA

Logo UINSA
Jalur Prestasi
9 Apr 2025
31 May 2025

Jalur Mandiri Prestasi UINSA

Logo UIN SGD
Jalur Nilai UTBK
14 May 2025
1 Jul 2025

Seleksi Mandiri Nilai Nasional UIN Sunan Gunung Djati

Logo UIN SGD
Jalur Prestasi
14 May 2025
1 Jul 2025

Jalur Lulusan MAN Terbaik UIN Sunan Gunung Djati